General HOT DIP Galvanizing Plant
call us :(+62-21)5961258-61 follow us :
News & Events
15 Mei 2012, 14:51
Intergalva 2012
Kami mengirim empat delegasi ke Paris. ...

15 Mei 2012, 14:36
Apa Penyebab Terjadinya Korosi?
Apa Penyebab Terjadinya Korosi? Faktor ...

04 Mei 2012, 14:47
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Galvanized & dan keawetan
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Galvanized & dan keawetan Ada beberapa faktor yang mempengaruhi sif ...

Process Galvanizing

 

 

Preparation Fluxing Quality
Hot Degreasing Drying
Water Rinsing Dipping : 530 0 C Centrifuging, 450 0 C Constant
Acid Pickling Quenching / Pendinginan
1st Water Rinsing Inspection / Testing  
2nd Water Rinsing  


Desain yang benar untuk menghasilkan kualitas galvanis yang baik. Zinc tidak akan bereaksi dengan baja/besi untuk membentuk lapisan galvanis kecuali permukaan baja/besi tersebut benar-benar bersih.

Semua bagian yang berisi udara harus diberi ventilasi yang cukup untuk memungkinkan udara dan uap air dapat keluar dari material baja/besi tersebut pada waktu pencelupan kedalam cairan zinc panas.

Material baja/besi yang akan dicelupkan harus diperhatikan agar cairan zinc panas dapat masuk kedalam rongga-rongga serta adanya sirkulasi udara agar konstruksi material baja/besi tersebut dapat tenggelam kedalam cairan zinc panas dan dapat menjangkau seluruh permukaan selama proses pencelupan.

Prinsip saluran ventilasi adalah menghindari terperangkapnya cairan kimia pada proses pembersihan kimia yang dapat menimbulkan ledakan saat proses pencelupan dengan cairan zinc panas.

Prinsip saluran pembuangan /draining adalah jika konstruksi baja/besi dimasukkan kedalam cairan kimia atau cairan zinc panas, cairan tersebut harus dapat mengalir keluar dan masuk dengan bebas tanpa hambatan.

Proses penyusunan dan penataan konstruksi baja/besi yang telah lolos inspeksi lubang ventilasi dan lubang draining dengan cara dikaitkan pada alat bantu dengan posisi kemiringan 45 derajat.

Alat bantu tersebut berupa kawat ikat, jig, hanger dan rantai.

Caustic Cleaning
Adalah sebuah cairan caustic soda dengan suhu 80 derajat Celsius. Yang digunakan untuk menghilangkan bahan organik seperti kotoran, minyak, vernis cat, dan lemak yang melekat pada konstruksi material baja/besi, perendaman dilakukan selama (-+) 20 menit.

Rinsing
Proses pembilasan material baja/besi kedalam air sebelum dilakukan proses penghilangan karat.

Acid Pickling
Proses perendaman material baja/besi kedalam larutan asam chloride selama 30 menit untuk menghilangkan kerak dan karat.

Rinsing
Konstruki dari material baja/besi yang telah bersih dari kotoran dan karat kemudian dibilas dalam bak berisi air untuk menghilangkan sisa larutan asam chorida dan ditiriskan.

Fluxing
Adalah proses Konstruksi material baja/besi yang dicelupkan kedalam cairan flux untuk menghilangkan oksida dan mencegah oksidasi karat serta membantu proses metalurgi pada saat material baja/besi dicelupkan ke dalam cairan zinc.

Drying
Setelah konstruksi material baja/besi dicelupkan kedalam cairan flux, selanjutnya konstruksi material baja/besi tersebut dikeringkan kedalam sebuah bak pengeringan dengan suhu 150 derajat celsius. Ini merupakan persiapan temperatur konstruksi baja/besi sebelum proses galvanisasi.

Proses Hot Dip Galvanis
konstruksi material baja/besi yang telah melewati proses pengeringan selanjutnya dilakukan proses pencelupan konstruksi material baja/besi ke dalam bak cairan Zinc dengan suhu 445-455 derajat C.

Selama proses pencelupan konstruksi material baja/besi kedalam bak cairan zinc maka akan terjadi sebuah proses yang disebut dengan metalurgi, yaitu cairan zinc akan mengikat pada konstruksi material baja/besi membentuk paduan lapisan Zinc Setelah dipindahkan dari bak pencelupan.

Quencing
Konstruksi material baja/besi yang telah dilapisi Zinc, kemudian dicelupkan kedalam larutan chromat untuk memberikan lapisan agar lebih tahan lama dan mengurangi tekanan terhadap suhu untuk penanganan yang cepat.

Infection setelah proses Galvanis
Pada tahap ini akan dilakukan pemeriksaan yang cermat terhadap ketebalan lapisan, ketahanan, dan keseragaman tampilan material baja/besi.